Khasiat Lesitin Untuk Kesehatan

19 Sep

Manfaat Lesitin Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Lesitin Untuk Kesehatan Tubuh

Lecithin atau yang biasa orang Indonesia sebut lesitin merupakan salah keluarga dari lemak. Lesitin sering digunakan sebagai pengemulsi dalam industri makanan. Nama lesitin atau lecithin sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “lekithos” yang berarti kuning telur. Seorang ilmuwan Perancis bernama Maurice Gobley adalah orang yang pertama kali menemukan substansi ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena meskipun lesitin termasuk dalam keluarga lemak namun lesitin tidak berbahaya bagi tubuh. Lesitin memiliki gugus fosfat dan memiliki kandungan aktif yang sangat tinggi. Lesitin bisa diekstrak dari bahan nabati, namun ada juga yang diekstrak dari hewani.

Lesitin yang banyak digunakan adalah lesitin yang diekstrak dari bahan nabati kedelai. Selain dalam kedelai, lesitin juga terkandung dalam kuning telur serta beberapa jenis makanan lain seperti sereal, minyak wijen, minyak jagung, ikan, belut, dan sebagainya. Di samping itu, lesitin juga tersedia secara alami dalam tubuh. Lesitin dikenal sebagai “phosphadylcholine” dan merupakan komponen penting dalam semua membran sel tubuh. Ada sekitar 60 triliun lesitin yang sebagian besar berada di sel otak, sel syaraf, sumsum tulang, hati, dan jantung.

Khasiat Lesitin Untuk Kesehatan Tubuh

Lecithin sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya seorang anak, karena memiliki kandungan nutrisi, serta vitamin yang diperlukan seorang anak Lecithin memiliki kandungan Asam Linolenat, Asam Linoleat, serta Asam Oleat yang amat sangat diperlukan dan dibutuhkan seorang anak guna perkembangannya, agar tampil sehat, cerdas serta pintar.

Lesitin juga sangat diperlukan dalam sintesis zat neurotransmitter otak sehingga lesitin kadang disebut sebagai “nutrisi penting otak.” Di samping dapat menjaga kekuatan memori otak, mengonsumsi lesitin disinyalir memiliki efek mencegah dan memperbaiki kemerosotan daya ingat akibat dementia dan penyakit Alzheimer.

Lecithin merupakan nutrisi sumber choline sehingga lecithin sering disebut Phosphatidylcholine. Dengan menambahkan lecithin kepada penderita jantung koroner maka akan terpenuhi unsur choline yang dibutuhkan oleh nadi koroner yang mengkerut supaya mampu aktif kembali. Lecithin sebagai antioksidan akan mengikat segala bentuk radikal bebas yang akan mengikat LDL serta dengan zat Cholin dan Inositol akan mampu melarutkan sel busa yang menempel serta menyumbat arteri koroner sehingga jantung dapat bekerja secara normal kembali.

Lecithin merupakan komponen struktural pada superoksid dismutase (SOD) yang akan mencegah radikal hodroksil menyerang tubuh, disamping itu lecithin memiliki kemampuan untuk mengubah radikal superoksid menjadi hidrogen peroksid dan selanjutnya melalui proses lagi diubah menjadi air dan oksigen. Lecithin juga memiliki kandungan alfa karoten yang dikenal sebagai anti kanker. Alfa karoten merupakan salah satu antioksidan yang dikandung licithin dan bisa diandalkan untuk menghadapi kanker, juga sebagai antikarsinogen yang akan menghalangi pembentukan senyawa kimia karsinogen dilambung serta mampu melindungi DNA dan lipid membran sel tubuh dari kerusakan oleh oksidator, serta kandungan Isoflavon pada lecithin meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan kandungan gamma globulin.

Lecithin sebagai antioksidan mampu menjaga sel-sel pada pankreas untuk tidak mengalami kerusakan akibat oksidasi, serta mampu meregenerasi sel-sel yang rusak dengan cepat sehingga ketika pankreas diberi tambahan lecithin maka sel-sel pankreas akan berfungsi baik kembali serta dengan bantuan lecithin pula insulin mampu diproduksi kembali secara maksimal. Menurut Dr. Dietrick dari El-Paso, Texas melaporkan bahwa dia berhasil menyembuhkan banyak pasien diabetes dengan 6 sendok makan lecithin setiap hari. Sehingga penambahan insulin-nya secara berangsur-angsur berkurang, dan akhirnya para pasien tersebut mampu kembali ke diet normal.

Jika kita mengkonsumsi lecithin secara rutin kandungan isoflavon, piridoksin, karoten dan kandungan lain pada lecithin akan menjadikan regulator ketahanan tubuh meningkat dengan pesat. Menurut Dr. Lester M. Morrison dalam penelitiannya menyatakan bahwa kandungan lecithin pada kacang kedelai memiliki kemampuan yang luar biasa untuk meningkatkan kandungan gamma globulin dalam protein darah. Gamma globulin dikenal sebagai kekuatan untuk perlindungan dari berbagai serangan infeksi dan virus dalam tubuh. Dalam hal ini Dr. Lester M. Morrison mengatakan “Lecithin adalah benteng paling istimewa menahan terbentuknya pengerasan pembuluh nadi dan segala komplikasi jantung, otak serta ginjal”. Dalam penelitiannya, darah dari pasien-pasiennya yang mengkonsumsi ini ditemukan adanya imunitas terhadap infeksi virus serta terhadap pneumonia.

Khasiat lesitin sebagai penghancur batu empedu. Hal ini diungkapkan oleh Dr. R.K. Tompkins dan koleganya di Sekolah Tinggi Medis Universitas Negara bagian Ohio, pada pertemuan tahunan Federasi Masyarakat Amerika Untuk Biologi Eksperimen menyatakan lesitin dapat menghindari batu empedu karena mengandung inositol dan alfa tekoferol yang berfungsi untuk mempertahankan kolestrol dalam empedu agar tetap cair serta tidak mengkristal. Para peneliti ini melaporkan bahwa lebih dari 90% batu empedu yang diderita manusia terutama terbentuk dari kolesterol yang mengkristal. Pemeliharaan kolesterol dalam bentuk cair didalam air empedu adalah kunci pencegahan pembentukan batu empedu.

Menurut Dianne Craft, MA bila otak manusia dikeringkan dan dianalisa maka 30 % jaringan sel-sel otak manusia merupakan unsur lecithin, juga pada hati, limpa, empedu, jantung, ginjal, pangkreas, serta organ penting lainnya mengandung lecithin, sehingga jika tubuh kekurangan lecithin maka akan mudah terjangkit penyakit pada organ-organ tersebut, serta penyakit lain yang mengikutinya seperti : diabetis, darah tinggi, jantung, kanker, autoimmune, multiple sklerosis, rheumatoid arthritis, fibrocystic breast, parkinson, stroke dan sebagainya juga kelelahan fisik, mental, syaraf serta sulit untuk mengingat dan menjadikan seseorang akan mudah tersinggung serta depresi. Lecithin merupakan salah satu komponen yang berfungsi dalam pembuatan dan aktivitas berbagai hormon dalam tubuh seperti hormon adrenalin, hormon thiroid, hormon seks.

Dr. Daniel Steinberg, profesor dibidang pengobatan pada Universitas California di San Diego mengatakan, bahwa oksidasi kolestrol LDL merupakan faktor utama dalam aterosklerosis dan penyakit arteri koroner yang bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Lecithin sebagai antioksidan mampu menjaga kolestrol LDL untuk tidak teroksidasi, namun jika kolestrol LDL atau tumpukan partikel berlemak teroksidasi dan menggumpal mengakibatkan pengerasan pembuluh nadi (atherosclerosis) maka licithin sanggup memecahkannya menjadi partikel-partikel kecil, hal ini bisa dilakukan lecithin karena lecithin memiliki unsur Cholin dan Inositol yang mampu mengendalikan lemak dan mengemulsi untuk dikeluarkan dari tubuh, serta mampu mencegahnya, sehingga menjadikan peredaran darah keseluruh tubuh berjalan lancar, tanpa hambatan.

Dr. Lester M. Morrison mengatakan “Lecithin adalah salah satu senjata kita yang paling ampuh melawan berbagai penyakit, dia merupakan benteng paling berharga menahan terbentuknya pengerasan pembuluh nadi dan segala komplikasi jantung, otak serta ginjal”. Penambahan lecithin yang juga merupakan antioksidan mampu mengikat radikal bebas serta meregenerasi dan menjaga sel-sel ginjal untuk tidak dirusak oleh oksidator untuk dia ikat, sehingga ginjal dapat tetap memiliki unsur-unsur yang penting sehingga mampu bekerja secara normal.

Dalam sebuah jurnal tentang lecithin diberitakan bahwa lecithin merupakan suplemen untuk menahan ejakulasi dini serta menghasilkan sperma yang banyak, dan lecithin akan memperlancar peredaran darah pada pembuluh darah penis serta akan mampu melakukan ereksi dengan maksimal. Dengan menambahkan lecithin sebagai suplemen yang memiliki berbagai kandungan yang sangat istimewa maka akan mampu mengatasi lemah syahwat serta mengobati impotensi.

Itulah berbagai khasiat yang terdapat pada lecithin / lesitin yang biasa orang Indonesia sebut yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Semoga dengan adanya artikel kesehatan mengenai khasiat lesitin untuk kesehatan tubuh ini bisa menambah wawasan pengetahuan Anda akan kandungan-kandungan kecil yang memiliki sejuta khasiat ini. Semoga bermanfaat ^_^

Artikel terkait : Toko Green World Tasikmalaya

Khasiat Lesitin Untuk Kesehatan Tubuh

Comments

comments

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *